Waspada Modus Kejahatan Jelang Ramadhan

Pihak kepolisian kembali mengimbau agar masyarakat lebih waspada terhadap keamanan lingkungan sekitar menjelang ramadhan. Beberapa modus kejahatan kerap terjadi di sela-sela masyarakat menjalankan ibadah saat Ramadhan.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Rikwanto mengatakan, pelaku biasanya memanfaatkan waktu sahur atau shalat tarawih untuk beraksi. Aksinya tersebut, bisa berupa perampasan kendaraan bermotor ataupun perampokan rumah kosong pada saat ditinggal pemiliknya.

“Biasanya kesempatan ini dimanfaatkan oleh para penjahat sebab aktivitas masyarakat untuk keluar rumah lebih sering,” katanya, Selasa (3/6/2014).

Bahkan, ujarnya, pelaku perampasan kerap tidak segan melukai korbannya. Selain itu, kerawanan juga terjadi menjelang waktu mudik Lebaran. Pelaku kejahatan kerap mengintai rumah kosong yang ditinggal pemiliknya.

Rikwanto mengatakan, hendaknya masyarakat yang akan meninggalkan rumah dalam waktu cukup lama menitipkan penjagaan kepada kerabat atau orang yang dipercaya.

“Jangan mudah percaya dengan orang yang baru dikenal, selain itu jika bepergian pastikan rumah sudah dikunci dan terus dijaga oleh petugas keamanan setempat,” tegasnya.

Setelah itu, imbuh Rikwanto, berhati-hati pula saat pengambilan uang. Masyarakat diimbau untuk waspada terutama saat mengambil uang dalam jumlah besar sebab pada saat Ramadhan kebutuhan masyarakat akan otomatis meningkat.

Sumber: Elshinta

Tags: , , , , , , , , , ,

Leave a comment