Sejarah dari CCTV

PlazaCCTV.com – Closer Circuit Television atau biasa yang disebut dengan CCTV pertama kali digunakan oleh tim pelaksana peluncuran roket V-2 pada tahun 1942 di Jerman yang ditemukan oleh Walter Brunch. Pada waktu itu, CCTV yang diproduksi oleh perusahaan Siemens AG yang mana digunakan untuk mengawasi proses peluncuran roket V-2 agar dapat diketahui apakah berfungsi dengan baik atau tidak. Pada saat itu, hasil rekamannya tidak baik seperti sekarang ini, hasil dari rekaman CCTV masih sangat jelek karena resolusinya yang rendah, dan belum berwarna alias masih hitam putih. Sistem CCTV pada saat itu belum secanggih seperti saat ini, jika menggunakan 5 buah kamera CCTV, maka dibutuhkan 5 monitor juga untuk mengawasi. Kalau jaman sekarang 100 CCTV sekali pun bisa hanya menggunakan 1 monitor untuk mengawasi. Betul, tidak?

Sejarah-CCTV-Untuk-Roket

Kamera CCTV digunakan pertama kali di Amerika Serikat pada tahun 1949, yaitu 7 tahun setelah digunakan di Jerman. Kamera CCTV yang di produksi oleh perusahaan bernama Vericon ini digunakan untuk mengawasi kota New York karena pada saat itu, kejahatan di Amerika Serikat mulai marak sehingga CCTV digunakan untuk mengamati orang-orang yang mencurigakan. Jika terjadi kejahatan, polisi akan dengan mudah mencari pelakunya dengan adanya rekaman CCTV.

Sedangkan kamera CCTV yang pertama kali digunakan di Inggris adalah tahun 1960, selang 11 tahun dari pemakaian CCTV di Kota New York. Oleh pemerintah London saat itu, CCTV digunakan untuk melihat dan mengawasi aksi demonstrasi yang dilakukan oleh orang-orang kepada Kerajaan Inggris. Dengan adanya CCTV, pengawas bisa melihat aksi demonstrasi apakah berjalan damai atau rusuh. Jika terjadi kerusuhan, maka pengawal keamanan kerajaan bisa dengan mudah mengontrol aksi demonstrasi.

Kemudian pada tahun 1970 muncul sebuah teknologi CCTV baru yaitu Multiplayer VCR (Video Recorder). Teknologi ini memungkinkan 10 rekaman kamera CCTV dapat dipantau menggunakan 1 monitor saja. Jadi, dimonitor akan terlihat 10 rekaman kamera CCTV dalam waktu yang bersamaan. Teknologi ini lebih dapat menghemat biaya untuk membeli monitor dan juga memudahkan untuk mengawasi tampilan kamera hanya dengan 1 orang pun bisa untuk mengawasinya.

Dalam usaha pengembangan teknologi, bukan berarti tidak pernah mengalami suatu kendala, terbukti pada 10 tahun setelah munculnya Multiplayer VCR, CCTV mengalami keterpurukan dikarenakan semakin buruknya kualitas kamera sehingga tidak dapat merekam obyek dengan jelas. Namun di tahun 1990, teknologi kamera CCTV mulai berkembang pesat dengan munculnya sebuah teknologi baru berbasis komputer, yaitu Digital Video Recorder.

Itu tadi adalah artikel yang menceritakan soal sejarah CCTV, bila Anda sedang mencari CCTV atau membutuhkan konsultasi seputar CCTV, datanglah kepada kami karena selain kami memiliki paket murah CCTV yang dapat disesuaikan dengan budget dan kebutuhan Anda, kualitas pelayanan kami  Kami menyediakan harga CCTV murah dengan kualitas yang sudah teruji.

Tags: ,

Comments are closed.